General Course by Prof. Hadi Susanto dari Essex, UK

GENERAL COURSE oleh Prof. Dr. HADI SUSANTO dari University of Essex, UK

Jurusan Matematika kembali mendapatkan kunjungan dari University of Essex, yaitu Prof. Dr. Hadi Susanto, dengan bidang keahlian beliau adalah Matematika Terapan, Kunjungan yang diadakan pada tanggal 26 Agustus 2016 tersebut beragendakan Research Collaboration dengan para staf dosen jurusan Matematika , dan General Course. Dalam acara diskusi dengan para staf dosen, Prof. Hadi memberikan masukan-masukan yang sangat penting dalam hal publikasi ilmiah oleh staf dosen jurusan Matematika, yang dipandang masih sedikit jumlahnya.

Salah satu saran untuk meningkatkan jumlah publikasi karya ilmiah adalah dibangunnya kolaborasi antar dosen. Sebagai contoh, di Lab Analisis dan Aljabar, 3 dosen membahas kajian yang berbeda, namun sebenarnya ketiga kajian tersebut masih merupakan satu rumpun. Jadi paling tidak akan tercipta 3 papers dengan masing-masing berkontribusi sebagai reviewer bagi yang lain. Jika ini diterapkan ke seleuruh Lab yang ada di jurusan matematika, dalam setahun, jurusan Matematika akan mempunyai sejumlah publikasi karya ilmiah.

Pada acara General Course, Prof. Hadi menjelaskan beberapa terapan Matematika pada bidang lain. Salah satunya yaitu digunakan dalam film Harry Potter pada adegan menghilang menggunakan hukum indeks bias yang merupakan bidang terapan Matematika Analisis.  Acara yang dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa angkatan 2013, memberikan motivasi yang besar terhadap mahasiswa dalam menekuni bidang Matematika, juga dalam mencari kerja di luar bidang Matematika.

Setelah mengikuti serangkaian acara di Jurusan Matematika Unsoed, Prof. Hadi diperkenalkan oleh pimpinan International Relation Office (IRO) Unsoed, yang terletak di Kampus Pusat. Pada acara tersebut, pimpinan IRO merasa bangga dengan kehadiran Prof. Hadi tersebut, sekaligus menjelaskan secara umum lembaga IRO. Pada acara diskusi non formal tersebut , pimpinan IRO,  Suprayogi, PhD, juga memberikan masukan kepada jurusan Matematika supaya membangun hubungan lebih lanjut antara University of Essex dan Jurusan Matematika Unsoed dalam hal kolaborasi penelitian, pembelajaran,dan lain-lain.

 

Your email will not be published. Name and Email fields are required.