Workshop dan General Course dari UPM Malaysia

Sebagai salah satu jurusan di FMIPA yang sedang giat-giatnya mengembangkan diri, Jurusan Matematika kembali mendatangkan seorang pakar keilmuan dari luar negeri. Kali ini, Jurusan Matematika mengundang Prof. Ismail bin Mohd dari Universiti Putra Malaysia (UPM) dalam acara Workshop dan General Course. Kegiatan workshop, yang mengambil tema “C++ pada Masalah Pengoptimuman” diadakan pada tanggal 3 April 2017, sedangkan general course diadakan pada keesokan harinya dengan mengambil tema “Riba’ dan Penulisan AlQuran Menggunakan Konsep Pengoptimuman”.

Kegiatan Workshop diikuti oleh peserta dari staf pengajar Jurusan Matematika dan para alumni mahasiswa Jurusan Matematika dan bertindak sebagai moderator adalah Maharani, PhD. Pembicara terlihat sangat ahli dalam bidang pemrograman , terutama masalah pemrograman dalam bidang pengoptimuman, dimana beliau menjelaskan konsep-konsep pemrograman dari dasar sampai ke penerapannya. Sebagai bentuk aplikasi dari penjelasan Prof.Ismail, para peserta workshop diberi tantangan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan menggunakan program C++. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompok mendapatkan tantangan satu masalah. Para peserta terlihat antusias dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Hari kedua kedatangan Prof. Ismail diisi dengan general course dengan peserta dari seluruh mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 yang berjumlah kurang lebih 150 mahasiswa. Moderator pada acara ini adalah Agung Prabowo, M.Si. Dalam acara tersebut, Prof. Ismail membahas penelitian terkininya yaitu menuangkan bacaan-bacaan dalam AlQuran kedalam suatu fungsi. Acara ini semakin menarik dengan adanya pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa dan beberapa dosen.

 

 

Diakhir acara general course tersebut, Ketua Jurusan Matematika, Dr. Mashuri memebrika plakat kenang-kenangan kepada Prof. Ismail. Untuk acara ramah tamah bersama Prof. Ismail, para staf dosen mengajak beliau makan siang bersama di sebuah restaurant terkenal di kota Satria, yaitu Rumah Makan Kemangi. Dengan menu khas Banyumas, Prof. Ismail sangat menyukai tempe mendoan.

 

Your email will not be published. Name and Email fields are required.