Acara DIES NATALIS Ke-18 Jurusan Matematika UNSOED

Tepat tanggal 21 Mei 2017 , Jurusan Matematika Universitas Jenderal Soedirman memasuki usia 18 tahun. Serangkaian acara dalam rangka Dies Natalis 18 Jurusan Matematika telah digelar dan di organisasi oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA). Acara pembukaan HUT Jurusan Matematika tersebut dimulai dengan acara Jalan Sehat yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 7 Mei 2017. Peserta acara Jalan Sehat tersebut adalah segenap civitas akademika Jurusan Matematika, mulai dari staf pengajar, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.
Hadir juga pada acara tersebut Dekan FMIPA UNSOED, Drs. Sunardi, M.Si, Wakil Dekan Bidang I, Wuryatmo A Siddiq, MSc, PhD, dan Wakil Dekan Bidang II, Budi Pratikno, PhD. Bapak Dekan FMIPA  memberikan sambutan yang diawali dengan menceritakan kembali sejaran berdirinya Jurusan Matematika, bahwa pada awalnya merupakan Program Studi (PS) Matematika dibawah Jurusan MIPA dan dengan wadah Program Sarjana MIPA. Pada periode tahun berikutnya, PS Matematika berada dibawah paying Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dengan bergabungnya Jurusan Teknik dan Jurusan Perikanan. Seiring dengan perkembangan kepentingan tiap jurusan, maka pada tahun 2014, tiga jurusan dari FST, Jurusan MIPA, Jurusan Teknik, dna Jurusan Perikanan,  terpecah masing-masing dan mendirikan tiga fakultas, termasuk Fakultas MIPA. PS Matematika pun berubah status menjadi Jurusan Matematika. Inilah bentuk struktur organisasi yang sudah diinginkan sejak lama oleh para pendiri FMIPA, bahwa kita mempunyai wadah sendiri dibawah FMIPA, dan tiga jurusan didalamnya yaitu Jurusan Matematika, Jurusan Kimia, dan Jurusan Fisika.

Acara sambutan berikutnya yaitu dari Ketua Jurusan Matematika, Dr. Mashuri. Beliau mengungkapkan bahwa usia 18 tahun merupakan peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa dan uUsia yang cukup dewasa untuk menentukan masa depan sendiri yang lebih baik. Dalam sambutannya, bapak dari empat anak laki-laki lulusan doctor ITB tersebut juga menekankan kepada mahasiswa untuk selalu berperan aktif dalam mengembangkan dan memajukan Jurusan tercinta Matematika ini. Ketua Jurusan Matematika selanjutnya membuka acara Dies Natalis ke 18 dengan melepaskan sejumlah balon ke udara.

Acara Jalan Sehat itu sendiri dibuka oleh Pembina Himatika , Ibu Dra. Agistini Tripena, M.Si, dengan menggunting pita dan diikuti oleh para staf dan mahasiwa yang melakukan jalan sehat.


Pembagian door prize dilaksanakan setelah acara jalan sehat selesiai. Selain itu, panitia juga mengadakan acara Tau Ga Sih (TGS), yang tidak lain merupakan adu kemampuan pengetahuan antar peserta. Para peserta terdiri dari perwakilan 3 mahasiswa dari tiap angkatan, yaitu dari angkatan 2013 sampai dengan angkatan 2016, dan 3 wakil dosen yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu Siti Rahma, Ibu Mutia, dan Ibu Maharani. Tampil sebagai juara 1, 2, dan 3 masing – masing adalah peserta dari mahasiswa angkatan 2016, 2015, dan dosen.

Acara puncak dalam rangka Dies Natalis ke 18 akan diadakan pada tanggal 21 Mei 2018, dengan agenda acara Malam Puncak. Pada acara tersebut akan diadakan pemotongan tumpeng dan pemutaran video Dies Natalis Jurusan Matematika ke 18. Selain acara-acara tersebut, Dies Natalis ke 18 akan diakhiri dengan hari donasi ke panti-panti asuhan, yaitu dilakasanakan pada tanggal 31 Mei 2017, yang tersusun dalam agenda acara Matematika Berbagi.

Maju Terus Jurusan Matematika ….!

Cerdaskan Bangsa dengan Mengamalkan Ilmu Kita ke Masyarakat !

 

 

 

Your email will not be published. Name and Email fields are required.