ONE DAY WORKSHOP GAME DESIGN AND PROGRAMMING

Pada tanggal 21 Juli yang lalu, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) jurusan Matematika FMIPA mengadakan kegiatan pelatihan sehari yang bertemakan “ Game Design and Programming”. Pelatihan ini diikiuti oleh siswa siswi SMP Telkom Purwokerto, khususnya kelas 7. Tema yang diambil tersebut dilatarbelakangi oleh keadaan anak-anak saat ini yang cenderung bermain game komputer tanpa mengenal waktu yang mengakibatkan ana-anak menjadi pasif dan kurang kreatif. Terlebih lagi, sudah banyak anak-anak yang menjadi pecandu online game, yang mengakaibatkan terbengkalainya sekolah mereka. Oleh karena itu, perlu suatu cara yang tepat untuk menyelamatkan generasi muda pecandu game ini.

Berbekal pengalaman dan ilmu yang diperoleh selama study doctoral programme di UK, Maharani, PhD, yang merupakan ketua Tim PKM tersebut, mencoba mengubah kebiasaan anak-anak , dari pemain game menjadi pembuat game. Bersama kolega-kolega di jurusan, yang terdiri dari Niken Larasati, M.Si, Triyani, M.Si, Supriyanto, M.Si, tim PKM jurusan Matematika mengadakan pelatihan sehari Game Design and programming dengan tujuan utama membuat anak-anak menjadi lebih kreatif dan berlogika

Secara teknis, kegiatan pelatihan ini dibantu oleh dua mahasiswa jurusan Matematika, Alifar Juliansyah dan Rifka Amelia Suharto, yang merupakan angkatan 2013. Mereka berdua yang memandu atau memberi pelatihan inti untuk siswa siswi Telkom Purwokerto. Di awal acara workshop tersebut, ketua Tim PKM memberikan presentasi yang pada dasarnya memotivasi siswa siswa dalam belajar programming dasar secara fun. Selanjutnya, pelatihan tersebut diisi dengan materi cara membuat game menggunakan aplikasi Scratch , oleh Alifar dan Rifka. Terdapat sesi praktik membuat game untuk memberikan siswa siswi lebih bereksplorasi terhadap apa yang sudah dijelaskan oleh pemateri. DIakhir acara workshop, Tim PKM memberikan door prize berupa T-Shirt kepada 5 siswa yang mempunyai desain game terbagus.

Acara pelatihan semacam ini akan terus dilaksanakan oleh Tim PKM jurusan Matematika Unsoed sehingga kedepannya, akan muncul programmer-programmer kecil yang kreatif dan inovatif.

Your email will not be published. Name and Email fields are required.