Kuliah Umum “Mathematical Modelling of Invadopodia Formation in A Cancer Cell Invasion”

Rabu, 14 Agustus 2019 pukul 09.00 WIB bertempat di Aula FMIPA UNSOED telah dilaksanakan Kuliah Umum Jurusan Matematika dengan tema ”Mathematical Modelling of Invadopodia Formation in A Cancer Cell Invasion”. Acara dibuka oleh Wakil Dekan I FMIPA UNSOED yaitu Prof. Dr. Ing. Wahyu Widanarto dan dihadiri oleh Wakil Dekan III FMIPA UNSOED, staf pengajar dan mahasiswa Jurusan Matematika

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yaitu Mohd. Ariff bin Admon, Ph.D.. Beliau merupakan Dosen di Department of Mathematical Sciences, Faculty of Science, Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Malaysia, yang mendalami pemodelan matematika di bidang sel kanker. Memberikan kuliah umum tersebut merupakan salah satu aktivitas beliau selama berada di Jurusan Matematika, FMIPA UNSOED, sebagai visiting researcher pada 13-16 Agustus 2019. Aktivitas lain beliau adalah mensupervisi mahasiswa dari Department of Mathematical Sciences, Faculty of Science, Universiti Teknologi Malaysia (UTM) yang sedang melaksanakan research training selama tiga bulan sejak Juni 2019 di Jurusan Matematika, FMIPA UNSOED di bawah bimbingan Bambang Hendriya Guswanto, Ph.D. yang juga merupakan dosen di Jurusan Matematika, FMIPA UNSOED. Selain itu, beliau juga melakukan penelitian bersama dengan staf pengajar di Jurusan Matematika.

Kegiatan kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan wawasan atau pengetahuan yang lebih luas kepada mahasiswa dan akademisi lainnya mengenai kontribusi Matematika dalam bidang lain seperti masalah sel kanker. Lebih jauh, kunjungan salah seorang staf pengajar dari UTM tersebut dapat meningkatkan kerja sama UNSOED-UTM di bidang pendidikan, penelitian, dan lainnya yang relevan.

Leave a Reply