Seminar Daring Seri ke-1 Jurusan Matematika Unsoed

Dalam masa pandemik covid19, ketika dosen dan mahasiswa tidak aktif menjalankan perkuliahan di kampus, maka Jurusan Matematika Unsoed melakukan terobosan kegiatan melalui seminar daring rutin. Kegiatan ini melibatkan empat labotarorium yang ada di Jurusan Matematika Universitas Jenderal Seodirman secara bergantian. Keempat laboratorium tersebut adalah Laboratorium Statistika dengan Ketua Drs. Budi Pratikno, M.Stat.Sci., Ph.D., Laboratorium Matematika Terapan dengan Ketua Drs. Drs. Wuryatmo A. Sidik, M.Sc., Ph.D., Laboratorium Aljabar dan Analiis dengan Ketua Bambang Hendriya Guswanto, M.Si., Ph.D., dan Laboratorium Komputasi yang diketuai oleh Dr. Jajang, M.Si. Seminar daring rutin ini berlangsung atas dukungan penuh dari Ketua Jurusan Matematika Unsoed, Dr. Idha Sihwaningrum, M.Sc.St.

Seminar daring ini dijadawalkan akan dilaksanakan setiap hari Rabu, 2 minggu sekali. Dalam seminar daring seri ke-1, tampil sebagai pembicara adalah Agung Prabowo, S.Si., M.Si dari Laboratorium Statistika. Tema yang diangkat adalah konsep hari ulang tahun (haul) kematian berdasarkan perhitungan Matematika dan Matematika Jawa. Ketua Laboratorium Statistika, Drs. Budi Pratikno, M.Stat. Sci., Ph.D yang juga bertindak sebagai moderator melakukan terobosan dengan meng-invite mahasiswa Matematika Unsoed untuk berpartisipasi melalui link https://meet.google.com/tzq-iawm-zyg.

Seminar daring  seri ke-1 ini diikuti 38 peserta dosen dan mahasiswa Matematika Unsoed. Pada seminar daring kali ini terjadi diskusi dan dialog yang menarik anatar Bpk. Bambang Hendriya G., Ph.D yang menanyakan bagaimana inputan ke dalam model matematikanya dan Ibu Dra. Ari Wardayani, M.Si yang menanyakan konsep dan idenya dari mana. Materi lengkap dari seminar daring seri ke-1 dapat diunduh di materi seminar daring ke-1.

Selanjutnya, mari kita tunggu dan nantikan topik seminar daring seri ke-2 yang akan disajikan oleh Laboratorium Matematika Terapan dengan Pembicara Agus Sugandha, M.Si. Tema yang akan disampaikan adalah Solusi Persamaan Black Scholes fraksional. Jangan ketinggalan karena ini pasti lebih menarik, dan bisa memberikan ide segar dalam konsep Applied of Mathematics.

Leave a Reply