Workshop RPS Prodi Matematika Semester Genap 2022-2023

Pada hari Rabu, 01 Pebuari 2023, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan workshop penyusunan Rencara Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Problem Base Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL)”. Workshop ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan akademik yang dilakukan sebelum perkuliahan semester genap 2022/2023 dimulai.  Sebagai nara sumber workshop adalah Dr. Muhammad Prayitno, M.Pd. dari Universitas PGRI Semarang. Peserta worskshop adalah semua dosen Jurusan Matematika Fakultas MIPA, UNSOED.

Pada kesempatan ini Koordinator Program Studi Matematika , Prof. Idha Sihwaningrum, M. Stat. Sci., berkenan memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Beliau menyampaikan pentingnya menyusun RPS secara lengkap dan detail dalam setiap mata kuliah yang akan disampaikan. Terlebih mata kuliah yang dalam pembelajarannya berbasis PBL dan PjBL.

Pada kesempatan ini pemateri, memberikan penjelasan terkait penyusunan RPS berbasis PBL dan PjBL. Hal yang ditanyakan oleh peserta adalah perbedaan PBL dan PjBL. PBL merupakan model pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para siswa belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan. Sementara itu PjBL adalah sebuah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media.  Metode ini menuntut siswa untuk dapat melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Project based learning atau pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered) untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik. Siswa secara konstruktif akan melakukan pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap permasalahan dan pertanyaan yang berbobot, nyata, dan relevan.

Hadir pula pada acara ini Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman, Drs. Budi Partikno M.Stat.Sci., Ph.D. Beliau merupakan salah satu dosen pada jurusan Matematika, Fakultas MIPA Unsoed. Besar harapannya setelah mengikuti workshop, para peserta yang hadir bisa memahami dengan baik materi yang telah disampaikan oleh nara sumber dan termotivasi untuk segera menyusun  RPS Berbasis PBL dan PjBL yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Leave a Reply