UNSOED Menyelenggarakan Seminar Karier Bekerja Sama dengan Kemnaker

Purwokerto – Kemnaker, bekerja sama dengan Universitas Jenderal Soedirman, menyelenggarakan Seminar Karir yang diselenggarakan oleh Jurusan Matematika sekaligus merayakan Dies Natalis Jurusan Matematika UNSOED Ke-15 pada Sabtu, 25 Mei 2024. Berbeda dengan Dies Natalis sebelumnya, di usia yang sudah mencapai 25 tahun, Jurusan Matematika Unsoed mengemas acara Dies Natalis ini dengan reuni akbar sekaligus seminar karier bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Acara ini dihadiri oleh 75 alumni Jurusan Matematika UNSOED mulai dari angkatan pertama (1999) sampai Angkatan alumni terbaru (2020). Acara ini juga dimeriahkan oleh mahasiswa aktif derta dosen Jurusan Matematika UNSOED sehingga acara ini mempunyai total peserta lebih daripada 300 orang. Tak lupa juga tamu-tamu spesial yang turut hadir di acara ini seperti Dekan Fakultas MIPA Unsoed beserta jajaran Wakil Dekan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Banyumas.

Acara yang diketuai oleh Najmah Istikaanah, S.Si., M.Sc., ini diawali dengan Seminar Karier dari Kemnaker. Acara dibawakan oleh Bapak Muchamad Yusuf, S.T., M.Si selaku Kepala Pusat Pasar Kerja Kemnaker. Beliau menjelaskan fenomena dunia kerja di era ini dan fakta bahwa sarjana merupakan kelompok spesial di Indonesia karena hanya terdiri dari 5% penduduk Indonesia. Oleh karena itu, peluang kerja untuk sarjana cenderung lebih banyak daripada kelompok dengan tingkat pendidikan lebih bawah. Selain itu, Bapak Muchamad Yusuf, S.T., M.Si juga menjelaskan program dan inovasi Pusat Pasar Kerja Kemnaker untuk membantu pencarian kerja anak muda Indonesia. Acara lalu dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ketua Jurusan Matematika UNSOED, Ibu Prof. Idha Sihwaningrum, M.Sc.St. Beliau menjelaskan pentingnya peran alumni dalam membangun Jurusan Matematika UNSOED mulai dari silaturahmi, kualitas pendidikan, sampai akreditasi. Jurusan Matematika UNSOED juga akan selalu terbuka dengan saran, masukan, dan silaturahmi dari alumni.

Acara dilanjutkan dengan sharing dari alumni dengan topik yang berbeda. Sharing yang pertama dibawakan oleh Seto Aji, S.Si. dengan topik kewirausahaan. Seto Aji menjelaskan pentingnya riset pasar dalam mendirikan usaha yang sukses. Selanjutnya, sharing dibawakan oleh Mohammad Lutfi, S.Mat. Berbeda dengan topik yang dibawakan Seto Aji, Mohammad Lutfi membawakan sharing dari sisi dunia kerja sebagai fresh graduate. Mohammad Lutfi menjelaskan tips, trik, beserta perjalanan beliau dalam mendapatkan posisi sebagai management trainee di sebuah Perusahaan asuransi. Walaupun kedua alumni membawakan topik yang berbeda, satu hal yang dapat diambil adalah bahwa lulusan matematika mempunyai alat yang kuat untuk dapat berkarier di berbagai macam sektor. Hal tersebut didapatkan dari pola pikir logis, struktur, dan sistematis yang didapatkan selama kuliah di Jurusan Matematika.

Setelah dua sesi sharing, acara dilanjutkan dengan Ishoma sekaligus tur kampus. Tur kampus ini bertujuan untuk menjadi saran nostalgia bagi alumni terhadap masa-masa kuliah S-1. Kemudian, setelah tur kampus dan ishoma selesai, acara dilanjutkan dengan ramah tamah antara alumni dan peserta reuni akbar. Acara diisi dengan permainan kursi musik dan menyanyi bersama diselingi dengan pemberian kesan-pesan dari alumni. Tak lupa juga pengumuman kejuaran rangkaian perlombaan yang telah dilaksanakan. Setelah bermain bersama, alumni melanjutkan acara dengan musyawarah pemilihan ketua alumni dan akhirnya terpilihlah Septi dari Angkatan 2011 sebagai Ketua Alumni Matematika UNSOED tahun 2024 – 2027. Acara diakhir dengan menyanyi lagu perpisahan Bersama-sama disertai dengan pemutaran video nostalgia masa-masa kuliah di UNSOED.

IH