Kunjungan Ilmiah Mahasiswa Matematika UNSOED 2024

Telah dilaksanakan Kunjungan ilmiah pada tanggal 11 – 13 Agustus 2024 dengan tema “Empowering Mathematicians : Great Exploration to Find The Career Variations For the Future” ke Badan Pusat Statistik, PT Taspen dan PT Qword Company International.

Kunjungan pertama dilaksanakan di PT Taspen. Kunjungan ke PT Taspen disambut oleh Divisi Aktuaria.

Divisi Aktuaria PT Taspen menjelaskan peranan matematika di PT Taspen sebagai fondasi utama dalam pengambilan keputusan. Matematika memegang peranan penting dalam asuransi, statistika, peluang, dan aktuaria yang merupakan bagian integral dari PT Taspen, perusahan BUMN yang mengelola pensiun dan asuransi ASN Indonesia.

Kunjungan dilanjutkan dengan wisata ke Kota Tua sebagai bagian dari refreshment dan momen untuk silaturahmi.

Esoknya, kunjungan dilaksanakan di BPS Pusat.

BPS Pusat menjelaskan peranan penting BPS sebagai garda terdepan data di Indonesia. Matematika tentunya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari data.

Kunjungan di BPS juga disertai office tour ke ruangan meeting penting dan perpusatkaan data. Perpustakaan data memuat berbagai buku, berkas, dan benda penting dan bersejarah dalam dunia data di Indonesia termasuk sejak zaman Hindia Belanda.

Kunjungan di hari yang sama dilanjutkan ke PT QWORDS Indonesia.

PT Qwords Indonesia menjelaskan peranan penting perusahaan tersebut dalam dunia web, server, domain, dan hosting di Indonesia. Servis PT Qwords Indonesia memang berkutat pada jasa yang berhubungan dengan website dan internet di Indonesia.

PT Qwords juga mempunyai server yang merupakan hub yang menghubungkan internet Indonesia dengan dunia.

IH