PKM Jurusan Matematika Hibah INDOMS DIY-JATENG 2024

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu  dari  Tridharma Perguruan Tinggi.  Pada hari Sabtu tanggal 5 Oktober 2024 telah dilaksanakan kegiatan Pengenalan Konsep Geometri Berbasis Etnomatematika oleh Tim PKM yang diketuai oleh Najmah Istikaanah, S.Si., M.Sc di TK Masyitoh 04 Sokaraja.  Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka HIBAH INDOMS DIY-JATENG  Mengabdi yang dilaksanakan oleh Jurusan Matematika Universitas Jenderal Soedirman bekerjasama dengan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap (UNUGHA). Pada kegiatan ini dilaksanakan pembelajaran Matematika dengan mengeksplorasi nilai-nilai budaya yang dapat ditemukan dalam makanan tradisional.

Kegiatan PKM ini menggunakan media makanan tradisional dengan berbagai bentuknya untuk sebagai pembelajaran Matematika cabang Geometri. Sebelumnya dilaksanakan Pretest terlebih dahulu oleh Ibu Siti Rahmah Nurshiami, M.Si.  untuk mengetahui kemampuan awal siswa mengenai bentuk-bentuk yang sudah mereka pahami. Selanjutnya siswa diperlihatkan makanan tradisional dan diperkenankan untuk menyicipi rasa dari masing -masing makanan tersebut. Siswa diperkenalkan dengan makanan tradisional Banyumas seperti mendoan yang memiliki bentuk kotak, kemudian kue pitik yang berbentuk segitiga dan kue serabi yang berbentuk lingkaran. Beberapa makanan tradisional yang juga dibawakan antara lain yaitu nagasari yang berbentuk kotak, carabikang yang berbentuk lingkaran kemudian kue klepon, onde-onde dan regedeg yang berbentuk bola.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep dasar geometri kepada anak-anak usia dini melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Selama kegiatan berlangsung siswa sangat aktif dan bersemangat untuk menyebutkan bentuk bentuk makanan dan kemudian mencicipi rasa dari masing masing makanan tersebut. Melalui klasifikasi bentuk-bentuk dari makanan tradisional dapat dijadikan media belajarĀ  matematika khususnya cabang geometri berbasis etnomatematika. Siswa dapat belajar geometri bidang dan ruang dari beberapa makan tradisional. Kegiatan PKM ini diharapkan dapat sekaligus mengkampanyekan cinta budaya khas Banyumas kepada siswa sejak kecil melalui pengenalan makanan tradisional Banyumas. Kemudian diharapkan anak usia anak dini khususnya TK dapat menyukai makanan tradisional yang ada di daerahnya sehingga mengurangi jajan makanan yang tidak sehat. – NI