Tentang Kami

Program Studi Matematika Jurusan Matematika, Universitas Jenderal Soedirman secara resmi berdiri berdasarkan SK Dirjen DIKTI Depdikbud RI No.245/DIKTI/Kep/1999 tanggal 21 Mei 1999.  Berdirinya program studi ini diawali dengan adanya Kelompok Kajian Matematika, yang merupakan salah satu bagian dari UPT MIPA Unsoed.

Pada tahun 1999, PS Matematika mulai menerima mahasiswa baru  yang diseleksi melalui ujian saringan tingkat lokal Unsoed. Setahun berikutnya, seleksi penerimaan mahasiswa baru sudah dilaksanakan secara nasional melaui dua jalur yaitu jalur SPMB dan PPSB.  Selanjutnya, pada bulan Maret 2004, PS Matematika Unsoed untuk pertama kalinya meluluskan mahasiswa.

Sebagai salah satu program studi yang  mengembangkan Matematika sebagai ilmu dasar dan sebagai alat untuk pengembangan ilmu lainnya, PS Matematika dikelompokkan menjadi 4 kelompok bidang kajian, yaitu Matematika Murni, Matematika Terapan, Statistika dan Komputasi.

Kerjasama interdisipliner dari PS Matematika dengan program studi lain di Unsoed, dan juga dengan instansi lain serta industri diwujudkan dengan fokus kajian pada pemodelan matematika, terutama masalah optimalisasi. Ciri khas dalam mengembangkan pemodelan matematika untuk masalah optimalisasi, diharapkan dapat menjadi keunggulan komparatif PS Matematika Unsoed dibandingkan dengan PS Matematika lainnya di Indonesia.

Untuk menunjang pengembangan pendidikan, pada tahun 2004, Program Studi Matematika Unsoed menerima dua hibah kompetisi, yaitu dari proyek PKPP Unsoed dan TMEKPK Unsoed.  Program Studi Matematika pada tahun 2005 menerima dana pengembangan program studi dari DIKTI, yaitu  program hibah kompetisi SP4 dan A1. Pada tahun 2006 Prodi Matematika kembali menerima hibah kometisi A1.

Comments are closed.