Semiring ke-10 Jurusan Matematika UNSOED

Semiring merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Jurusan Matematika Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED). Pada hari Rabu, 23 Maret 2022, kegiatan Semiring seri ke-10 dilaksanakan dengan menghadirkan pembicara Dr. Suroto, M.Sc., salah seorang dosen di Jurusan Matematika UNSOED, dengan judul “Seputar Penelitian Aljabar Max-Plus Tersimetri”. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen dan perwakilan mahasiswa Jurusan Matematika UNSOED. Selain itu, hadir juga dosen dari Universitas Nahdatul Ulama Purwokerto (UNU) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Acara dibuka oleh Dr. Nunung Nurhayati selaku Sekretaris Jurusan Matematika UNSOED.

Pada pemaparan materi, disampaikan hasil-hasil penelitian dari Bapak Dr. Suroto, M.Sc. diantaranya karakterisasi solusi sistem kesetimbangan linier, karakterisasi rank, dan keterjangkauan sistem linier atas aljabar max-plus tersimetri. Beliau juga memberikan penawaran topik-topik yang bisa dilakukan sebagai penelitian. Terjadi diskusi yang hangat pada seminar daring ini sekitar topik yang dibahas, seperti analogi antara aljabar biasa dengan aljabar max-plus tersimetri dan konsep aljabar max-plus tersimetri yang diterapkan pada geometri aljabar.

Secara umum, semiring seri ke-10 ini berjalan dengan lancar. Semoga semiring seri-seri berikutnya lebih menarik lagi, dan lebih jauh lagi, bisa memberikan manfaat.

Leave a Reply