Semiring ke-20 Jurusan Matematika Unsoed

Semiring atau seminar daring merupakan kegiatan ilmiah rutin yang diadakan jurusan Matematika Unsoed yang salah satu tujuannya untuk menggali topik topik penelitian yang nantinya dapat di kaji oleh mahasiswa sebagai tugas akhirnya. Pada hari Rabu tanggal 22 Maret 2023, telah dilaksanakan Semiring 20 yang dihadiri oleh lebih dari 35 peserta dari kalangan dosen maupun mahasiswa baik dari kalangan sendiri ataupun dari luar jurusan matematika UNSOED. Pembicara dalam kegiatan ini ibu Siti Rahmah Nurshiami, M. Si dari Lab. Analisis dan Aljabar dengan topik “Matching pada Graf”.

Pembicara dalam kegiatan Semiring ini, Ibu Siti Rahmah menjelaskan tentang definsi Matching pada Graf yang disertai contoh- contoh yang cukup menarik. Selanjutnya diberikan juga penerapan Matching pada Graf yang bisa digunakan pada permasalahan ‘Stable Marrige Problem” sehingga dihasilkan pasangan yang stabil anatar kedua belah pihak baik laki-laki maupun perempuan.

Selama kegiatan berlangsung banyak diskusi yang cukup menarik antar peserta dengan pembicara. Pembicara juga menjelaskan bagaimana penerapan Matching pada berbagai bidang, salah satunya di bidang kimia dalam penentuan saturated number struktur molekulnya. Selain itu masih banyak lagi penerapan Matching pada Graf seperti oentuan donor organ yang tepat dalam bidang kesehatan, jaringan kabel pada bidang tehnik dan lain sebagaianya. Semoga dengan adanya kegiatan ini, banyak memberikan manfaat khususnya untuk membuka wawasan mahasiswa yang akan mengambil tugas akhir dan untuk kemajuan riset dari Jurusan Matematika sendiri.

Leave a Reply