Semiring ke-12 Jurusan Matematika UNSOED

Semiring (Seminar Daring) merupakan salah satu kegiatan ilmiah untuk mengembangkan potensi riset di civitas akademika Jurusan Matematika Universitas Jenderal Soedirman. Kegiatan semiring pada hari Rabu, 25 Mei 2022 merupakan kegiatan semiring ke-12 dengan pembicara Bapak Bambang Hendriya Guswanto, Ph.D dengan topik “Model Matematika Kinetika Sel Segmen pada Polimerisasi Actin”. Topik ini merupakan kajian  multi bidang sehingga berpotensi untuk dikembangkan oleh mahasiswa atau dosen dari berbagai bidang kajian.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen dan beberapa mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Jenderal Soedirman. Selain itu juga dihadiri oleh beberapa dosen dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Pada kesempatan ini, acara dibuka oleh Ketua Jurusan Matematika Universitas Jenderal Soedirman, Prof. Dr. Idha Sihwaningrum. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan betapa pentingnya kegiatan semiring untuk mengembangkan dan mendukung kegiatan penelitian di Jurusan Matematika.

Pada pemaparan materi, Pembicara menyampaikan topik dasar yang berkaitan dengan riset yang dilakukan. Bapak Bambang Hendriya Guswanto, Ph.D. selaku pembicara memaparkan bahwa penelitian dalam bidang matematika sebaiknya dapat dilakukan dalam lintas bidang kajian, dan meminimalisir sekat-sekat bidang kajian. Dengan demikian, hasil penelitian yang diperoleh lebih komprehensif. Dalam kesempatan ini, bapak Bambang Hendriya Guswanto, Ph.D. mengawali pemaparan materi dengan menjelaskan gagasan untuk Polimerasi Actin dan Sel Segmen dan kemudian membentuk model matematikanya melalui teori gerak acak yang mempertimbangkan waktu tunggu untuk bergerak, arah pergerakan, dan rotasi molekul segmen yang terlibat dalam proses polimerisasi tersebut.

Pada kesempatan tersebut, pembicara juga menawarakan beberapa topik penelitian yang berkaitan dengan topik semiring dan bisa dikembangkan oleh sejawat dosen ataupun oleh mahasiswa seperti mengkaji aspek komputasi numerik untuk masalah tersebut. Terjadi diskusi yang hangat pada seminar daring ini pada sekitar topik yang dibahas, seperti perlunya materi pendukung teori peluang, persamaan diferensial dan lain-lain. Secara umum, semiring seri ke-12 ini berjalan dengan lancar. Semoga semiring seri-seri berikutnya lebih menarik lagi, dan bisa memberikan manfaat untuk pengembangan riset Jurusan Matematika Universitas Jenderal Soedirman.

Leave a Reply