Semiring ke-13 Jurusan Matematika UNSOED

Sebanyak 50 peserta mengikuti Seminar Daring (Semiring) dengan topik “R-Boundedness Sebagai Pendekatan Mencari Regularitas Aliran Fluida” yang dilaksanakan secara daring oleh Jurusan Matematika Universitas Jenderal Soedirman, Rabu (29/6/22).. Pada kegiatan tersebut, bertindak selaku narasumber adalah Sri Maryani, Ph.D. yang merupakan dosen bidang kajian Analisis dan Aljabar di Jurusan Matematika Unsoed.

Topik pembicaraan pada kegiatan semiring tersebut cukup menarik, sehingga kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh civitas akademika Jurusan Matematika Unsoed saja, akan tetapi juga diikuti oleh beberapa civitas akademika dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jurusan Kimia Unsoed dan beberapa guru SMA.

Pada kesempatan ini, acara dibuka oleh Ketua Jurusan Matematika Unsoed, Prof. Dr. Idha Sihwaningrum. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan betapa pentingnya dosen untuk selalu ngangsu kawruh  (mencari ilmu) untuk meningkatkan kemampuan akademik dosen pada masing bidang ilmu yang digeluti. Ketua Jurusan juga berharap agar kegiatan Semiring ini selalu berjalan kontinu dan memberikan kemanfaatan bagi para dosen dan mahasiswa.

Pada pemaparan materi, narasumber menyampaikan topik riset lanjutan yang dilakukan bersama tim penelitian. Pada awal pemaparan, narasumber menjelaskan sekilas tentang persamaan differensial yang sederhana berikut dengan solusinya. Kemudian dihubungkan dengan persamaan differensial yang lebih kompleks dimana penyelesaian persamaan diferensial tersebut memerlukan sifat semigroup. Pada akhir pemaparan, narasumber menampilkan model aliran fluida Newtonian yang kemudian akan ditentukan regularitas dari model aliran tersebut. Hasil yang diperoleh, dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan regularitas dari model aliran fluida Navier-Lame melalui pendekatan R-Boundedness. Konsep R-Boundedness sendiri diperkenalkan oleh Weis

Pada saat sesi tanya jawab, terjadi diskusi yang hangat dan menarik pada seminar daring ini pada sekitar topik yang dibahas, seperti alur penyelesaian model aliran fluida yang kemudian dihubungkan dengan sifat semigroup, sehingga dapat kita tentukan apakah operator-operator yang ada memenuhi ketentuan R-Boundedness atau tidak. Dengan ditentukannya keterbatasan dari operator solusi model aliran tersebut, maka secara tidak langsung kita bisa memperoleh sifat regularitasnya. Secara umum, semiring seri ke-14 ini berjalan dengan lancar. Semoga semiring seri-seri berikutnya lebih menarik lagi, dan bisa memberikan manfaat untuk pengembangan penelitian dan publikasi Jurusan Matematika Universitas Jenderal Soedirman.

Leave a Reply