Semiring ke-14 Jurusan Matematika Unsoed

Semiring atau seminar daring merupakan kegiatan ilmiah rutin yang diadakan jurusan Matematika Unsoed yang salah satu tujuannya untuk menggali topik topik penelitian  yang nantinya dapat di kaji oleh mahasiswa sebagai tugas akhirnya.  Pada hari rabu tanggal 27 Juli 2022, telah dilaksanakan Semiring 14 yang dihadiri oleh lebih dari 30 peserta dari kalangan dosen maupun mahasiswa. Pembicara dalam kegiatan ini bapak Agung Prabowo, M. Si dari Laboratorium Statistika dengan topik “Penentuan Tarif Premi dan Besar Ganti Kerugian pada Asuransi Usaha Tani Bawang  Merah”.

Pembicara dalam kegiatan Semiring 13, Bapak agung Prabowo menjelaskan bahwa manfaat matematika itu sangatlah banyak dalam dunia nyata salah satunya adalah dalam bidang pertanian yaitu dengan adanya asuransi usaha tani. Asuransi pertanian terdiri dari asuransi pertanian berbasis ganti rugi/gagal panen (failure), asuransi pertanian berbasis hasil (yield), asuransi pertanian berbasis keuntungan (revenue), asuransi pertanian berbasis indeks iklim (weather index insurance), indeks suhu permukaan, indeks curah hujan, indeks kelembaban udara dan indeks iklim lainnya, asuransi pertanian berdasarkan penginderaan satelit (satellite imagebased data).

Selama kegiatan berlangsung banyak diskusi yang cukup menarik antar peserta dengan pembicara. Pembicara menjelaskan melalui penguasaan yang baik untuk materi di mata kuliah Kalkulus I dan Metode Statistika yang diperoleh di perkuliahan, mahasiswa Tugas akhir dapat mengerjakan topik topik yang berkaitan dengan asuransi ini dan diharapkan juga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya.  Semoga dengan adanya kegiatan ini, banyak memberikan manfaat khususnya untuk membuka wawasan mahasiswa yang akan mengambil tugas akhir dan untuk kemajuan riset dari Jurusan Matematika sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *