Seminar Nasional Matematika dan Terapannya 2016

Senamantra 2016 (Seminar Nasional Matematika dan Terapannya)

Jurusan Matematika secara konsisten mengadakan Seminar Nasional (semnas) Matematika sebagai forum sharing riset dengan para dosen dan peneliti di luar jurusan. Forum akademik yang diadakan sehari yaitu pada tanggal 3 Desesmber 2016, mengambil tema “Kontribusi Kompetisi Matematika dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika”, dan bertempat di gedung MIPA Unsoed. Tampil sebagai keynote speakers pada semnas kali ini adalah (1) Dr. Akhmad Mukhlis, pakar Olimpiade Matematika, dari ITB, (2) Dr. Akhmad Djazuli, pakar pendidikan Matematika, dari Universitas Muhamadiyah Purwokerto, dan (3) Wuryatmo Akhmad Sidiq, PhD, pakar Matematika Terapan dan Industri ,dari Jurusan Matematika Unsoed.

Acara Senamantra I ini diketuai oleh Agung Prabowo, M.Si dan dibantu oleh beberapa teman dosen dan himpunan mahasiswa HIMATIKA sebagai panitia. Pada acara pembukaan, Ketua Panitia Senamantra I, menyampaikan statistic peserta Senamantra yaitu berjumalah 250 orang yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan peneliti, dan sebgaian besar berasal dari daerah-daerah diluar Purwokerto. Tercatat beberapa universitas di Indonesia yang mengirimkan staf dosen dan mahasiswa pada acara Senamantra I ini adalah dari ITB, Universitas Padjajaran, Universitas Dipeonegoro, Universitas Sanata Dharma, Lemabaga Sandi Negara, Lembaga LAPAN Jakarta, Universitas Muhamadiyah Purwokerto, dan lain-lain.

Acara Senamantra selanjutnya dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA Unsoed, Sunardi, M.Si.

Pada Senamantra pertama ini , panitia juga mengundang beberapa staf Jurusan Matematika Unsoed sebagai Smart Speaker, diantaranya Dr. Mashuri mewakili bidang Matematika Terapan, Dr. Idha Sihwaningrum mewakili bidang Analisis, Sri Maryani, PhD mewakili bidang Analisis Terapan, Maharani, PhD mewakili bidang Komputasi, Budi Pratikno, PhD mewakili bidang Statistik, dan staf dosen lainnya.

Setelah acara plenary talks, kegiatan Senamantra dilanjutkan dengan sesi paralel yang dibagi atas beberapa kelas Matematika Analisis dan Aljabar, kelas Matematika Terapan dan Komputasi, kelas Matematika Terapan, Kelas Statistika, dan kelas Pembelajaran Matematika. Para pemakalah tidak hanya berasal dari kalangan dosen, tetapi juga dari mahasiswa tingkat akhir jurusan Matematika Unsoed. Hal ini sangat bagus dilakukan supaya mahasiswa mendapatkan pengalaman berbicara didalam forum resmi.

Hal yang menarik lainnya yaitu Senamantra kali ini mengundang para alumni untuk mengisi kegiatan Bakti Alumni. Adapun tujuan kegiatan ini adalah supaya para alumni dapat memberika wawasan kepada adik kelas mereka tentang dunia kerja untuk lulusan sarjana Matematika. Para alumni yang tersebar dibeberapa daerah luar Purwokerto tersebut memberikan presentasi dihadapan adik kelas mereka, dianataranya adalah Dr. Ali Misri yang saat ini merupakan dosen di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Novalina Dias Lestari, S.Si, bekerja di Otoritas Jasa Keuangan, Jakarta, Rizka Rahmaida yang saat ini merupakan staf Peneliti Pusat Perkembangan IPTEK LIPI Jakarta, Yusuf Caesar, S.Si, seorang usahawan yang bergerak dibidang programmer di Purwokerto, dan Arman Suhari, S.Si, bekerja di Pialang Saham Central Capital Futures.

Selamat bertemu kembali pada acara Senamantra II tahun 2017 !

Your email will not be published. Name and Email fields are required.