Kuliah Umum “Matematika dalam Kinetika Sel dan Kedirgantaraan”

Jumat, 04 Mei 2018 pukul 08.00 WIB bertempat di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam telah dilaksanakan Kuliah Umum Jurusan Matematika dengan tema” Matematika dalam Kinetika Sel dan Kedirgantaraan”. Acara dibuka oleh Dekan FMIPA UNSOED yaitu Drs.Sunardi, M.Si., dan dihadiri oleh 125 mahasiswa Jurusan Matematika dari berbagai angkatan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Institut Teknologi Bandung yaitu Dr. Firman Hartono. Beliau merupakan Dosen ITB yang mendalami bidang aerodinmika. Sesuai dengan temanya mengenai kedirgantaraan, narasumber memaparkan bagaimana matematika digunakan dalam aerodiamika. Beberapa hukum digunakan dalam bidang ini seperti hukum Kekekalan Massa (persamaan Kontinuitas), hukum Newton (persamaan Momentum), dan hukum Kekekalan Energi (persamaan Energi). Terakhir, beliau memaparkan bagaimana Matematika, terutama Teori Fungsi Kompleks, digunakan untuk menganalisis airfoil yang merepresentasikan irisan penampang sayap pesawat terbang dan cascade atau barisan airfoil yang merepresentasikan misalnya kompresor pada mesin turbojet.

Narasumber berikutnya adalah Bambang Hendriya Guswanto, Ph.D., Dosen sekaligus Sekretaris Jurusan Matematika FMIPA UNSOED. Narasumber mengangkat tema Matematika dalam Kinetika Anomali Sel. Cabang matematika yang terkait erat dengan Difusi Anomali adalah Kalkulus Fraksional (integral dan turunan fraksional). Beberapa model teoritis kinetika sel dibahas seperti difusi dan difusi dengan kemotaksis, sel barrier, dan reaksi kimia. Model-model tersebut diturunkan dari proses gerak acak dimana sel atau partikel yang terlibat dalam proses tersebut bergerak secara subdifusif dalam arah-arah tertentu dan setelah waktu-waktu tunggu tertentu. Bidang-bidang Matematika selain Kalkulus Fraksional yang digunakan dalam kajian ini diantaranya adalah Teori Peluang/Stokastik dan Aljabar.

Dengan adanya kegiatan kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan wawasan atau pengetahuan yang lebih luas kepada mahasiswa dan akademisi lainnya mengenai kontribusi Matematika dalam bidang lain sepert masalah kinetika sel dan kedirgantaraan.

BRAVO MATEMATIKA…BRAVO FMIPA!!!

Leave a Reply